Saturday 9 February 2013

SETTING IP ADDRESS PADA LINUX UBUNTU SERVER 11.10

Selamat datang kembali pada blog saya, kali ini kita akan melakukan konfigurasi terhadap IP Address pada linux ubuntu 11.10. Apabila anda sebelumnya pernah menggunakan linux yang lain selain ubuntu maka saya rasa, anda tidak akan merasakan kesulitan dalam melakukan konfigurasi ini.
Tutorial ini adalah tutorial tentang konfigurasi server yang akan saya bagi kepada anda satu persatu. Seperti telah saya jelaskan di atas saat ini kita akan mencoba melakukan konfigurasi IP Address pada linux ubuntu, Karena dalam operating sistem server maka hal yang paling utama adalah melakukan konfigurasi terhadap Ip address.
untuk langkah yang pertama silahkan anda nyalakan komputer anda dengan sistem operasi linux ubuntu tentunya. hingga siap di gunakan.
Tampilan Awal Ubuntu 11.10
setelah muncul jendela login seperti di atas maka selanjutnya adalah silahkan masukkan user id anda di sertai dengan password anda. Perlu anda ingat bahwa linux sangat case sensitiv jadi harap di pastikan anda menginggat kata sandi anda.
Memasukkan User ID dan Password
Setelah anda masuk ke dalam sistem anda maka kita akan mulai untuk melakukan konfigurasi. Tapi perlu anda ingat di dalam linux untuk bisa melakukan perubahan data dan lainnya maka kita harus masuk sebagai administrator ( root ). Maka kita dapat menggunakan perintah sudu su. kemudian anda tekan enter dan anda masukkan password rootnya. Untuk alasan keamanan maka linux tidak memunculkan apa yang anda ketik di password.
Masuk Sebagai Root
Setelah masuk ke dalam root maka anda sudah menjadi super user anda bisa melakukan perubahan terhadap apapun yang ada di sistem anda. Sebelum kita masuk ke dalama konfigurasi IP Address kita akan mengetikkan perintah ifconfig yang di gunakan untuk mengetahui berapa IP Address komputer kita dan berapa jumlah interface yang ada dalam komputer kita.
Perintah ifconfig
Pada gambar di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa IP Address yang ada di komputer kita adalah IP address Loopback. Untuk interface yang akan kita gunakan belum aktif. Untuk itu kita akan langsung mengkonfigurasinya. Untuk melakukan konfigurasi tersebut kita dapat menggunakan perintah . nano /etc/network/interfaces. Perintah ini di gunakan untuk melakukan konfigurasi terghadap IP Address anda.
Perintah Konfigurasi IP Address
Setelah anda mengetikkan perintah di atas maka anda akan di arahkan ke text editor nano di mana di dalam text editor ini akan kita ketikkan konfigurasi dalam jaringan kita nantinya. di bawah ini adalah tampilan default dari perintah nano /etc/network/interfaces yang belum kita edited.
Tampilan Default /etc/network/interfaces
Di bawah sendiri anda tambahkan beberapa perintah seperti gambar di bawah ini.
Hasil Konfigurasi file /etc/network/interfaces
ketentuan konfigurasi :
  1. auto eth 0 = ini adalah interface yang akan kita gunakan / konfigurasi.
  2. iface eth0 inet static = perintah untuk IP address Static
  3. address = isikan dengan IP address sesuai dengan keinginan anda.
  4. netmask = isikan dengan Subnet Mask dari address anda.
  5. gateway = isikan dengan gateway dari address anda.
  6. broadcast = isikan dengan broadcast dari address anda.
untuk melakukan penyimpanan terhadap perubahan yang anda lakukan silahkan anda tekan CTRL+X kemudian Y dan tekan enter.
Selanjutnya maka anda akan di bawa kembali ke halaman utama. Di sana silahkan anda melakukan restart sistem address anda agar perunahan yang telah kita lakukan tadi di terapkan oleh sistem operasi anda. Perintah yang digunakan adalah /etc/init.d/networking restart
Restart Networking anda
Apabila anda tidak melakukan kesalahan konfigurasi maka sistem akan memberikan peringatan success. Apabila anda di berikan peringatan oleh sistem bahwa gagal silahkan anda cek konfigurasi anda tersebut.
Pesan sukses hasil konfigurasi
Setelah selesai silahkan anda ketik perintah ifconfig kembali untuk melihat hasil konfigurasi anda tadi.
Test IP Address
lihat pada baris atas apabila itu sama dengan konfigurasi yang kita masukkan benar maka hasil di sana akan sesuai dengan yang kita inginkan.

0 comments:

Post a Comment