Sunday 10 February 2013

MENGENAL LEBIH DALAM MENGENAI MOTHERBOARD

Pengertian Motherboard - Motherboard bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Papan Induk dan biasanya juga disingkat dengan sebutan Mobo, yang berarti sebuah perangkat keras yang berbentuk seperti papan dan  telah ditambahkan program penggerak (chip bios) serta memiliki konektor sebagai penguhubung berbagai macam komponen elektronik sehingga dapat saling terhubung.   Sebagai contoh terdapat pada PC (Portable Computer) atau juga Macintosh.  Lihat contoh gambar motherboard berikut:

Motherboard merupakan salah satu komponen paling utama dari sebuah Komputer PC, karena Motherboard inilah yang menghubungkan semua komponen komputer sehingga secara keseluruhan dapat bekerja sama dan tentunya akan membuat komputer berjalan dengan lancar.
1. Chipset
Chipset adalah sebuah sirkuit elektronik yang mengkoordinir transfer data antara berbagai komponen komputer (termasuk prosesor dan memori). Yang paling penting dalam pemilihan motherboard yaitu dari jenis chipsetnya. Karena chipset berpengaruh untuk memaksilmalkan komputer (upgrade). Pada umumnya, terdapat 2 chipset utama yang terdapat pada motherboard yakni Southbridge dan Northbridge.

2. BIOS (Basic Input/Output System)
BIOS (Basic Input / Output System) adalah program dasar yang digunakan sebagai antarmuka antara sistem operasi dan motherboard. BIOS yang disimpan dalam ROM (read-only memori), menggunakan data didalam. Di dalam BIOS terdapat program yang dapat digunakan untuk mengatur bagaimana suatu komponen yang terpasang pada motherboard bisa bekerja.

2. Batery CMOS
The real-time clock (RTC jangka pendek) adalah sirkuit yang synchronises dengan sistem sinyal. Yang dibuat dari kristal yang bergetar, dan memberikan off pulses (ticks bernama waktu) untuk memelihara elemen sistem yang berjalan pada waktu yang sama.Batery ini berfungsi sebagai sumber tenaga dalam mengenali komponen-komponen yang terpasang pada motherboard.

3. Socket/Slot Processor
Pada umumnya ada 2 jenis tipe untuk processor yaitu socket dan slot. Biasanya setiap motherboard memliki satu jenis saja misalkan socket saja, atau slot saja. tetapi ada juga yang memiliki lebih dari satu socket atau slot, biasanya digunakan untuk multi processor.

4. Slot RAM
Motherboard memiliki slot khusus untuk RAM, seperti halnya prosessor. Dan setiap jenis motherboard berbeda–beda jenis SLOT ram yang sisertakan dalam motherboardnya tersebut. Untuk motherboard keluaran lama menggunakan slot SDRAM, sedangkan jenis terbaru saat ini menggunakan DDR3.

5. Slot Ekspansi
Slot ini merupakan slot tambahan atau external pada komputer. Bila komputer ingin di upgrade atau ditambahkan fungsi – fungsinya, tinggal menambahkan peralatan–peralatan yang anda butuhkan di expansio. Misalkan ingin mempertajam tampilan dengan memasang VGA card. Slot Ekspansi terdiri dari berbagai macam jenis antara lain PCI, PCIExpress, dan AGP.

6. I/O Port
I/O port merupakan singkatan dari Input / output. I/O port meliputi :
• Port Paralel (LPT), biasa digunakan untuk printer atau Joystick yang masih menggunakan kabel parallel
• Port COM, port untuk mouse atau keyboard yang berbasis Port COM
• Port PS/2, port ini berbentuk bulat, biasanya digunakan untuk mouse ball atau optical dan keyboard yang berbasis Port PS/2
• Game Port, biasa digunakan untuk Game Pad
• Port USB 1.1 / USB 2.0 (Universal Serial Bus) karena besifat universal maka port ini dapat digunakan untuk semua hardware seperti mouse, keyboard, printer, Flash disk, camera digital, dan lain – lain yang menggunakan kabel tipe USB
• LAN, untuk konektivitas jaringan
• Firewire, port yang memiliki transfer rate 400 Mb/s (versi a) & 800 Mb/s (versi b) biasa untuk harddisk external
• eSATA, port baru sebagai pengganti harddisk eksternal dengan USB maupun firewire.
• Serial Port, port untuk VGA (hanya ada pada motherboard dengan onboard VGA)
• Sound Port, terdiri dari beberapa port seperti:
Line In, port ini berfungsi untuk recording dari alat elektronik lainnya
Mic, port ini umum dipakai untuk headset
Front, untuk speaker depan atau umum digunakan pada speaker stereo
Center, Left, Right, Rear,Front: port untuk speaker surround 5.1

Beberapa Istilah dalam Motherboard
FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memoty utama, FSB digunakan untuk mengomunikasikan processor dengan komponen lain yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen yang ditugaskan untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Penambahan Fan (kipas) akan meningkatkan performa pendinginan dari heatsink

IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan hard disk, CDROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki Chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data peripheral.

LGA1155
LGA atau Land Grid Array merupakan jenis socet yang digunakan CPU, Khususnya Intel. Kini pin berada disocket, bukan di processor lagi. Sedangkan angka 1155 merupakan petunjuk dari jumlah banyaknya kaki pin processor.

MicroATX
MicroATX istilah ini digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard, juga digunakan casing untuk penempatan motherboard.

Southbridge
Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.

Northbridge
Chipset yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express.

PATA/ATA
Parallel Advanced Technology Attachment merupakan sebuah implemmentasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasis IDE dengan lebar data sebesar 8-bit.

SATA (Serial ATA)
Evolusi dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan kpmunikasi serial. SATA terhubung secara point-to-point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.



Sumber : http://naughtyric.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment