Friday 8 February 2013

KONFIGURASI ROUTER MENGGUNAKAN PACKET TRACER

Untitled Document
Router merupkan peralatan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan network baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk menghubungkan dua jaringa yang berbeda IP Addressnya dengan menggunakan router. Tentunya kita akan meminta bantuan dari aplikasi Packet Tracer.
Sebelum kita masuk ke dalam bagaimana cara membuat koneksi menggunakan router pada Packet Tracer silahkan anda siapkan aplikasi anda dan buatlah topologi sesuai dengan keinginan anda yang penting anda harus menyiapkan perangkatnya sebagai berikut :
  • 2 buah Personal Komputer
  • 2 buah switch 24 port
  • 1 buah router
perangkat tersebut nantinya harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini
Nama Perangkat
IP Address
Subnet Mask
Gateway
PC 0 172.16.0.1 255.255.0.0 172.16.0.254
PC 1 192.168.0.1 255.255.255.0 192.168.0.254
SERIAL 0/0 172.16.0.254 255.255.0.0
-
SERIAL 0/1 192.168.0.254 255.255.255.0
-
Dengan ketentuan di atas maka silahkan anda buat menggunakan Paket Tracer
Untuk pertama kalinya silahkan anda buka Program Paket Tracer anda hingga menunjukkan lembar kerja yang siap untuk di gunakan nantinya.
tampilan awal paket tracer
 
Setelah anda mendapatkan tampilan seperti di atas maka langkah selanjutnya adalah silahkan anda mempersiapkan komponen - komponen yang telah di sebutkan seprti di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan design jaringan yang telah saya buat. Apabila anda merasakan kesulitan dalam membuat design jaringannya anda bisa meniru persis apa yang saya buat seperti di bwah ini. APabila anda mampu anda bisa membuat design jaringan sendiri dan meletakkan semuanya bebas sesuai dengan keinginan anda.
design jaringan
Setelah anda membuat design jaringan seperti pada contoh di atas maka selanjutnya adalah mengubungkannya menggunakan kabel. Kebetulan jenis kabel yang digunakan adalah kabel stright ( dilambangkan dengan garis lurus pada packet tracer ).
menguhubungkan semua perangkat menggunakan kabel
Setelah itu maka anda akan melakukan konfigurasi terhadap jaringan anda nantinya. Ingat kita tadi telah membuat syarat untuk design jaringan yang akan kita buat. Oleh karena itu silahkan anda lihat kembali. Apabiala saya jadikan ke dalam gambar maka hasilnya akan tampak sepeti gambar di baeah ini.
Konfigurasi Perangkat Network
Setelah anda perhatikan pada gambar di atas maka kita akan memulai mengkonfigurasinya pada setiap perangkat yang telah anda sediakan tadi, Kita akan memulainya pada PC 0 silahkan anda klik PC 0 kemudian anda pilih sub menu Desktop dan silahkan klik di IP Configuration. Isikan sesuai dengan aturan yang ada pada tabel di atas.
Setting IP Address Pada PC 0
lakukan dengan cara yang sama seperti di atas untuk PC 1
Setting IP Address pada PC1
setelah pada PC maka kita akan melakukan konfigurasi terhadap Routernya. Maka untuk melakukan konfigurasi silahkan anda melakukan klik pada router dan anda masuk ke dalam sub menu Config setelah itu anda silahkan untuk melakukan konfigurasi terhadap Fast Ethernet 0 dan Fast Ethernet 1.Isikan datanya sesuai tabel.
Konfiguras router untuk Fast Ethetnet 0
Konfiguras router untuk Fast Ethetnet 1
Setelah seluruhnya berhasil anda konfigurasi. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan untuk uji konektifitas jaringan yang baru saja anda buat serta anda konfigurasi. Caranya adalah dengan menggunakan perintah ping silahkan anda ping PC 0 ke PC 1 begitu sebaliknya. jika hasilnya seperti pada gambar di bawah ini anda sukses melakukan konfigurasi.
Uji Konektifitas dari PC 0 ke PC 1
Uji Konektifitas dari PC 1 ke PC 0
 
perlu anda jadikan pedoman bahwa untuk menentukan Fast Ethernet 0 dan Fast Ethernet 1 anda hanya tingal menyorot atau meletakkan pointer mouse anda pada ujung konektor kabel yang berwarna hijau nanti akan muncul fa0/0 itu artinya adalah Fast Ethernet 0, begitu pula sebaliknya. Dan jika anda sudah selesai dan melakukan PING gagal maka lakukan ping sekali lagi. sampai mendapatkan hasil seperti gambar di atas.

0 comments:

Post a Comment