Saturday 2 February 2013

PERBEDAAN WINDOWS DENGAN LINUX

Pada era modern ini siapa yang tidak mengenal yang namanya MS.Windows. Apalagi Microsoft windows merupakan salah satu sistem operasi yang sangat mudah di gunakan dan grafisnya cukup menarik. Tapi perlu anda sadari bahwa Windows harganya sangat mahal. Belum software aplikasi yang anda gunakan pada Windows anda. Saya yakin banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk memiliki windows di komputer atau notebook mereka.Menurut dari berbagai sumber yang saya temukan pengguna Microsoft Windows di indonesia 86% menggunakan windows bajakan.
Anda dapat membayangkan betapa jegkelnya seandainya itu anda yang membuat windows kemudian product anda tersebut di bajak oleh orang lain. Pastinya anda tidak mau itu terjadi kan. Maka saat ini saya mengajak anda untuk berpindah ke Linux. Banyak orang yang mengatakan bahwa linux adalah sistem operasi yang sulit, susah, dan ribet. Sebenarnya Linux itu mudah, hanya saja kita tidak terbiasa menggunakannya sehingga kita mengatakan itu sulit. Sekarang kita akan mencoba untuk melihat perbandingan antara windows dengan linux
  • Linux adalah system operasi yang banyak pengguna, dapat membukukan dan menggunakan linux komputer pada waktu yang sama. Dua atau lebih para pemakai dapat membuka linux komputer dari Keyboard yang sama dan monitor oleh penggunaan yang sebetulnya, yang membiarkan Anda berpindah dari satu sesi pemakai ke yang lain dengan suatu kombinasi kunci khusus. Atau, pemakai dapat membuka linux komputer dari suatu terminal yang dijalankan Windows suatu yang terhubung dalam suatu jaringan
  • Di dalam kontras, kebanyakan versi Windows adalah sistem single-user. Yang hanya satu pemakai pada waktu yang sama dapat membuka Windows dan menjalankan perintah. ( Windows2000 dan 2003 dapat di configurasi sebagai sistem multiuser dengan terminal service
  • linux tidak dibangun dalam graphical user interface ( GUI) Seperti yang dipakai Windows sebagai gantinya, GUI didalam linux disajikan oleh suatu komponen tambahan yang disebt Sistem X Windows. Anda dapat menjalankan linux tanpa X Windows, dalam hal ini Anda harus mengetikkan perintah perintah dalam command linux Jika Anda Suka menggunakan GUI, maka Anda harus menginstal dan menjalankan X Windows, X windows dipecah menjadi beberapa bagian; suatu komponen server, bernama x server, yang menangani pekerjaan sehari-hari menata berbagai jendela dan menyediakan grafik services untuk program aplikasi, dan pemakai sebagai penghubung komponen, dapat memanggil window manager, yang menyediakan pemakai ciri penghubungnya seperti menu, tombol, suatu taskbar, dan seterusnya. Beberapa manajer jendela berbeda juga tersedia, masing-masing dengan suatu tampilan yang berbeda.
  • Linux tidak dapat berjalan di program Windows, Anda tidak dapat menjalankan Microsoft Office in system Linux, sebagai gantinya, Anda harus mencari program serupa yang khusus untuk linux. Banyak linux distribusi datang dengan suatu deretan Office seperti starOffice, yang menyediakan word proccesing, spreadsheet, presentation, graphics, e-mail, calendar, and scheduling software. Dan dokumen yang diciptakan oleh starOffice adalah kompatibel dengan microsoft Office. Beribu-Ribu program lain ada dan tersedia untuk linux.
  • Linux tidak plug and play seperti pada Windows walaupun linux distribusi yang utama datang dengan konfigurasi program yang dapat secara otomatis mendeteksi dan mengatur banyak coomon perangkat keras komponen, linux dapat mengerjakan dan mendukung untuk plug-play perangkat keras.
  • Linux menggunakan sistem yang berbeda untuk mengakses disk drive dan file dibanding Windows. Karena suatu penjelasan bagaimana linux file sistem bekerja. " Aku tidak bisa melihat Drive C!".
  • Linux berjalan lebih baik pada perangkat keras lebih tua dari pada windows. Linux adalah suatu sistem operasi ideal untuk suatu komputer pentium yang lebih tua dengan sepesifikasi minimal, RAM 32MB dan 2GB hard-Drive (ruang kosong). Jika Anda menyukai barang yang antik, bagaimanapun, kamu dapat ( dengan sedikit permainan) linux dapat berjalan dengan baik pada suatu komputer 486 dengan RAM sedikitnyav4MB dan beberapa ratus MB ruang disk yang kosong.
Banyak sekali memang perbedaan antara windows dan linux aka tetapi apabila dapat saya simpulka bahwa perbedaan itu terletak pada linux itu memiliki aplikasi yang terbatas, dan tidak plug n play. Untuk mengatasi aplikasi Windows agar anda dapat menjalankannya di linux anda dapat menggunakan emulator wine. Sedangkan untuk yang plug n play anda harus rajin rajin update kernel dari linux anda.
Sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
NB: Hargailah setiap jerih payah orang lain
 
 
diadaptasi dari : wahyu mulyadi UKSW salatiga 2008

0 comments:

Post a Comment