Tuesday 2 April 2013

Kerusakan Chipshet South Bridge


Jika anda melihat gambar di bawah ini maka jelas sekali akan kelihatan fungsi dari sebuah chipset Southbridge. Walau tidak se-heboh tetangganya (Northbridge) tetapi chip kedua ini punya mempunyai fungsi dominan. Dengan melihat fungsinya maka kita sebenarnya bisa meramalkan kira-kira pesan dan apa yang terjadi jika chip ini rusak. Salah satu yang sering menyesatkan dari rusaknya chip ini adalah munculnya pesan “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER.”
Mengapa? Karena analisa pasti mengarah pada hard disk.
Ciri-Ciri Kerusakan Yang muncul:
Tidak ada source file (paling sering terjadi). Melakukan kombinasi dengan chip SIO akan mengganggu rangkaian kontrol, open source.
Kehilangan clock reset (sangat sering terjadi)Intermiten, tidak diterima atau diterima tetapi tidak menjalankan perangkat seperti USB, HDD, CD, PCI, sehingga perangkat tersebut atau card yang melekat padanya tidak berfungsi.
Muncul pesan “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER.”
Rekomendasi:
1.  Metode pengamatan
Sama dengan kerusakan Northbridge, tidak banyak yang bisa diamati secara langsung, tetapi tetap saya rekomendasikan pengataman lebih dahulu. Amati apakah ada yang aneh sekita chipset ini. Walau jarang terjadi chipset terbakar tetapi tidak ada salahnya diamati. Pengamatan lain adalah, sentuh bagian pendingin atau bagian atas chip jika tidak menggunakan pendingin. Rasakan dan apakah anda mengalami panas berlebihan atau tidak bisa menahan jari diatas permukaan selama beberapa detik saja, berarti ada kelainan.
2.  Periksa semua komponen sekitar chip ini misalnya capsitor, resistor dan transistor. Jika ditemukan, ganti segera. Satu ciri kapasitor yang rusak saya tunjukkan di bawah ini:
3.  Metode Pengukuran tegangan
Setelah metode mengemati dan menyentuh tidak membuahkan hasil, metodeselanjutnya adalah kita akan mengukur tegangan Souththbridge. Di bawah ini saya berkan contoh pengukuran tegangan chip ini dari salah satu Motherboard.
Catatan : Miliki skema dari Motherboard yang anda perbaiki agar anda bisa mengetahui letak pengukuran. Setiap Motherboard berbeda posisi pengukuran;

literatur -----> http://tutorialmotherboard.com/kerusakan-chipset-southbridge.php

1 comment: