Monday 1 April 2013

Installasi Linux Ubuntu 12.04 LTS


Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara melakukan installasi Linux Ubuntu versi 12.04. Sebenarnya apabila anda pernah melakukan installasi Linux Ubuntu atau linux – linux yang lain sebelumnya maka anda tidak akan merasakan kesulitan untuk melakukan installasi pada versi ini. Akan tetapi bila anda masih baru pertama kali melakukan installasi Linux maka tidak menjadi masalah karena kami akan menjelaskannya tahap demi tahap.
Pada modul kali ini kami menggunakan media virtualisasi untuk melakukan installasi linux Ubuntu. Kami rasa hasil dan tampilannya akan sama apabila anda menggunakan PC yang sesungguhnya untuk melakukan installasi. Harware yang kami siapkan untuk melakukan installasi adalah HDD sebesar 250GB. Kemudian RAM sebesar 3GB. Perlu kami ingatkan kembali jika untuk melakukan installasi Linux harus memenuhi partisi minimum yaitu anda harus menyiapkan partisi untuk root (/) dan virtual memory ( swap area ). Untuk root anda diberikan keleluasaan untuk menentukan berapa bsarnya. Akan tetapi jika swap memory anda harus menjadikan 2x kapasitas memory yang terpasang pada motherboard. Untuk lebih jelasnya maka kita akan menjelaskannya pada saat melakukan installasi nantinya.
Hal pertama yang harus anda siapkan dalam melakukan installasi adalah cd installasi dan computer yang siap anda gunakan untuk melakukan installasi. Untuk lebih jelasnya maka langkah – langkahnya akan kami jelaskan satu – persatu di bawah ini.

  • Sebelum anda lakukan installasi setting computer anda sehingga first boot berada pada media CD – ROOM. Karena kita akan melakukan installasi menggunakan media CD. Langkah – langkahnya silahkan anda masuk ke BIOS anda dan rubah konfigurasi di bagian bootnya. Setelah anda lakukan konfigurasi silahkan anda save kemudian anda masukkan CD Installasi anda ke dalam CD – ROOM anda untuk melakukan insttallasi.
 
  • Apabila setinggan BIOS anda tadi benar maka anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemdian anda pilih “install Ubuntu”. Kemudian anda tekan tombol enter pada keyboard anda.
  • Maka jendela installasi akan segera terlihat. Hal pertama yang di tanyakan oleh system adalah mengenai bahasa yanga akan anda gunakan dalam melakukan installasi linux Ubuntu ini. Disini kami tetap menggunakan bahasa inggris atau anda dapat menentukan sendiri bahasa apa yang akan anda gunakan. Setelah anda memilih maka lsilahkan anda klik menu “continue” untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya system akan melakukan persiapan untuk melakukan installasi terhadap system Ubuntu. Maka silahkan anda memilih “install this third-party software” setelalah selesai klik menu “continue” untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya system linux akan melakukan scaning terhadap seluruh system operasi yang ada dan telah terinstal yang ada pada hardisk anda. Ada atau tidak adanya system operasi yang ada di dalam hardisk anda maka kita akan tetap memilih “something else” yang tujuannya kita akan melaukan pemartisian terhadap hardisk kita sesuai dengan keinginan yang kita tentukan.
  • Setelah  muncul tampilan seperti di atas maka klik menu “add” untuk membuat partisi pada hard disk anda. Ingat hardisk yang kami gunakan dalam kondisi kosong / belum ada OS sama sekali. Jika di dalam hardisk anda terdapat OS maka anda harus berhati – hati agar tidak kehilangan data anda. Silahkan anda pilih yang “free space” seperti yang saya tunjukkan seperti gambar di atas. Setelah anda tekan tombol add maka silahkan tentukan bsarnya partisi yang akan anda gunakan untuk file system linux anda. Atau yang sering dinamakan dengan root ( / ). Silahkan isikan besar kapasitas yang anda inginkan pada kolom “new partition size in”, kemudian anda pilih “ ” pada kolom “Mount point”. Setelah selesai klik menu “ok” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Setelah itu silahkan anda pilih yang “free spase” lagi untuk membuat partisi yang kedua. Partisi yang kedua ini bernama swap memory. Dimana aturannya menurut teori adalah 2X kapasitas RAM anda. Jadi jika RAM anda kapasitasnya adalah 3GB maka kapasitas Swap memory adalah 6GB. Silahkan isikan besar kapasitas yang anda inginkan pada kolom “new partition size in”, kemudian anda pilih “swap area” pada kolom “use as : ”. setelah itu silahkan anda klik “ok” untuk melanjutkan.
  • Setelah dua partisi di atas selesai anda buat maka anda akan dapat melakukan isntallasi walaupun ada hardisk yang kosong dan belum terpartisi. Tapi apabila anda mengingginkan itu digunakan jua maka kita akan melakukan pemartisian lagi untuk digunakan sebagai “home” langkahnya sama dengan langkah ke enam. Silahkan isikan besar kapasitas yang anda inginkan pada kolom “new partition size in”, kemudian anda pilih “ home ” pada kolom “Mount point”. Setelah selesai klik menu “ok” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Setelah selesai seluruhnya maka anda dapat melihat terhadap hardisk yang telah anda lakukan pemartisian tersebut. Jika anda telah yakin dengan partisi tersebut paka silahkan klik di partisi “ /  “ kemudian anda klik menu “install now”.
  • Maka system akan melakuakan installasi secara otomatis anda tinggal menunggunya saja hingga selesai. Tetapi anda sebelum itu harus mengatur dahulu di manakah tempat tinggal anda. Yang dimaksut di sini adalah zona waktu terdekat dengan anda. Karena kami tinggal di area mojokerto maka zona waktunya ikut di Jakarta. Maka silahkan anda tentukan sendiri dimana anda tinggal. Kemudian klik “continue” untuk melanjutkan.
  • Kemudian anda diminta untuk menentukan layout keyboard yang anda gunakan. Untuk kawasan Indonesia anda bisa memilih “english us” kemudian anda klik “continue” untuk melanjutkan.
  • Kemudian anda akan di minta untuk mengisi data yang akan di gunakan untuk keperluan pendaftaran untuk password dan user ID anda ketika linux anda sudah berhasil anda lakukan installasi. Anda perlu mengingat apa yang anda isikan di sini. Terutama password. Linux bersifat case sensitive. Maka kesalahan  1 karakter saja akan di anggap fatal.
  • Sampai disini linux akan melakukan installasi terhadap computer kita secara otomatis. Anda bisa menunggunya hingga selesai.
  • Setelah anda menunggu mungkin  memang memakan waktu. Tergantung dari hardware anda. Semakin bagus hardware anda akan semakin cepat pula untuk melakukan installasinya. Apabila muncul tampilan seperti berikut ini silahkan anda klik menu “restart” dan anda akan diminta untuk menekan sembarang tombol yang bertujuan agar system dapat melakuakn eject terhadap CD installasi anda.
  • Setelah restart maka anda akan di bawa ke halaman login dari system linux Ubuntu. silahkan anda masukkan password yang anda masukkan pada pengisian password saat melakukan installasi tadi. Kemudian tekan enter untuk masuk ke dalam system.
  • Sampai disini proses installasi selesai dan anda dapat menggunakan operating system Ubuntu  anda.

untuk yang menginginkan tutorial dalam bentuk dokumen silahkan download disini http://www.mediafire.com/

sedangkan untuk yang berupa pdf maka silahkan download di sini
http://www.mediafire.com

0 comments:

Post a Comment