Monday 15 April 2013

Materi Ujian Tertukar, Siswa MAN Tuban Tunggu Soal Pengganti 3 Jam Lebih

Tuban - Kekisruhan Ujian Nasional (UN) hari pertama terjadi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel, Tuban. Para perserta terpaksa harus menunggu selama 3 jam lebih karena materi soal ujian tertukar.

"Harusnnya soal Bahasa dan Sastra Indonesia program agama, tapi soal yang diterima Bahasa Indonesia program bahasa," terang Sekretaris Sub Rayon dan Waka Kurikulum MAN Rengel Ulfah Hayati, kepadadetiksurabaya.com, Senin (15/4/2013).

Menurut Ulfa Hayati, kekeliruan baru diketahui pengawas saat akan membagikan soal UN. Selanjutnya kesalahan itu dilaporkan kepada panitia. "Waktu soal dibuka baru diketahui kalau keliru," sambungnya.

Temuan tersebut segera dilaporkan Ulfa kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban melalui telepon. Selanjutnya diputuskan soal ditarik untuk diganti soal Bahasa dan Sastra Indonesia pragram agama yang memang semestinya diujikan.

"Ada 35 peserta ujian yang terbagi dalam 2 ruangan dan yang terpaksa harus menunggu soal pengganti dari Diknas provinsi," papar guru berjilbab itu.

Berdasarkan pantauan detiksurabaya.com di MAN Rengel, para siswa memanfaatkan waktu senggang untuk belajar. Mereka membaca buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai referensi menghadapi ujian.

"3 Tahun menunggu ternyata harus menunggu lagi berjam-jam, sungguh mengecewakan. Apalagi teman-teman jurusan lain sudah pada selesai dan pulang, sedang kita harus menunggu di sini," terang salah satu siswa MAN Rengel peserta UN, Ihyaudin Al Muzaka.

Hingga pukul 11.00 WIB, para siswa masih menunggu soal pengganti yang informasinya sudah dalam perjalanan. Sementara para guru dan pengawas mulai resah menanti soal pengganti dengan terus menelpon petugas Dinas Pendidikan Tuban yang mengawalnya dari Surabaya.

(fat/fat) 

dikutip dari :  www.detik.com

0 comments:

Post a Comment