Tuesday 2 April 2013

Kerusakan Chipshet Northbridge


Chipset Northbridge adalah salah satu komponen vital dalam komputer. Pada bab 1 sudah saya jelaskan bahwa komponen ini bekerja sama dengan graphics card untuk menampilkan gambar pada monitor. Selain itu Northbridge juga bertanggungjawab terhadap; PCI slots, USB, Sound chip, LAN chip, the BIOS ROM chip SIO. Jadi sudah bisa diprediksi apa yang terjadi jika komponen ini. Asumsi awal adalah bahwa memori masih lebih sering rusak daripada chip ini. Mari kita lihat lagi gambar ini:
Kerusakan umum :
Chip tidak dapat mengidentifikasi CPU sehingga nampak seperti tidak ada CPU pada Motherboard
RAM tidak terbaca (walaupun ini jarang) walaupun RAM baik tetapi chip northbridge bisa  menimbulkan pesan yang mirip dengan tidak ada RAM pada Motherboard.
Kerusakan juga akan mirip dengan kerusakan card graphics karena sesuai fungsinya, chip ini akan mengontrol VGA.
Rekomendasi :
1. Metode pengamatan
Walaupun tidak banyak yang bisa diamati secara langsung, tetapi tetap saya rekomendasikan pengataman lebih dahulu. Amati apakah ada yang aneh sekita chipset ini. Walau jarang terjadi chipset terbakar tetapi tidak ada salahnya diamati. Pengamatan lain adalah, sentuh bagian pendingin atau bagian atas chip jika tidak menggunakan pendingin. Rasakan dan apakah anda mengalami panas berlebihan atau tidak bisa menahan jari diatas permukaan selama beberapa detik saja, berarti ada kelainan.
2. Periksa semua komponen sekitar chip ini misalnya capsitor, resistor dan transistor. Jika ditemukan, ganti segera. Satu ciri kapasitor yang rusak saya tunjukkan di bawah ini
3. Metode Pengukuran tegangan
Setelah metode mengemati dan menyentuh tidak membuahkan hasil, metode selanjutnya adalah kita akan mengukur tegangan Northbridge. Di bawah ini saya berkan contoh pengukuran tegangan chip ini dari salah satu Motherboard.
Catatan : Miliki skema dari Motherboard yang anda perbaiki agar anda bias mengetahui letak pengukuran. Setiap Motherboard berbeda posisi pengukuran
Jika setelah kedua metode diatas ditemukan titik lemah, silahkan ganti chipset

literatur -----> http://tutorialmotherboard.com/kerusakan-chipset.php

0 comments:

Post a Comment