Tuesday 23 April 2013

Modem Smartfren DF79B


Colok, Langsung Berbagi Koneksi
Pengguna koneksi internet nirkabel seperti 3G atau 3,5G punya kebutuhan khusus, yaitu berbagi koneksi internet yang dimilikinya ke perangkat lain atau rekan lain. Itu sebabnya sistem operasi mobile modern seperti Android punya fitur wireless tethering, tujuannya antara lain untuk berbagi koneksi internet si Android ke perangkat di sekitarnya lewat Wi-Fi.
u3-431-SmartfrenMasalahnya, bagaimana jika perangkat kamu tidak punya koneksi 3G dan Cuma tersedia WiFi. Nah, di sinilah perangkat seperti Smartfren DF79B berperan. Fisiknya memang mirip modem 3G biasa, hanya yang ini lebih tebal dan agak berat. Fisik tebal ini pun ada alasannya, yakni untuk menampung chip yang lebih banyak untuk mendukung fiturnya. Ya, selain bisa menangkap sinyal 3,5G (EVDO REV.B) ia juga bisa memancarkan sinyal Wi-Fi dengan standar IEEE 802.11b/g/n. Sinyal Wi-Fi digunakan untuk berbagi koneksi internet EVDO tadi ke (maksimum) 5 perangkat lain yang berada di sekitar Smartfren DF79B. Karena punya standar Wi-Fi “n” seharusnya bisa diperoleh lebih dari 100Mbps untuk interkoneksi antar perangkat ke modem ini. Sayangnya, ketika PCplus uji, Smartfren DF79B memiliki jangkauan Wi-Fi yang tidak jauh.
Semua pengaturan modem ini dilakukan lewat antarmuka berbasis web yang cukup sederhana dan mudah dipahami. Sebenarnya, setting bawaan Smartfren sudah bisa langsung dipakai untuk berinternet ria. Tapi, jika butuh konfigurasi tambahan, semisal untuk mengamankan Wi-Fi, kamu harus masuk ke situs konfigurasinya di IP 192.168.1.1 atau alamat lokal http://smartfrenwifi.home. Bicara keamanan, Smartfren DF79B sayangnya memiliki fasilitas firewall yang minim.
Dari antarmuka yang sama kamu juga bisa mengatur profil, melihat status signal, melihat laporan lalu lintas data terpakai sampai untuk mengirim pesan singkat ke nomor lain. Hanya saja, paket bawaan Smartfren DF79B yang EVO itu tidak bisa dipakai untuk mengirim SMS, karena semua pulsa akan langsung dikonversi menjadi data (internet).  Kamu harus menukar dengan kartu Smartfren lain dengan paket non EVO kalau ingin memanfaatkan SMS ini.
Selain berfungsi sebagai modem, Smartfren DF79B juga bisa dipakai untuk membaca kartu microSD sekaligus menjadikannya sebagai “UBS flash disk” darurat. Modem ini juga menyediakan asesoris tambahan berupa adapter dengan soket USB. Jadi peranti ini bisa disambungkan langsung ke jala-jala listrik tanpa bantuan PC. Oh ya, kamu yang sering kesulitan sinyal bisa juga memanfaatkan antena luar di modem ini. Tersedia port standar RP-SMA untuk dihubungkan ke antena luar menggunakan pigtail.
(bsd)

Asesoris yang disediakan  Smartfren DF79B ini memungkinkan kamu mengaktifkan modem tanpa harus terhubung ke PC. Cukup colokkan ke jala-jala listrik.
Asesoris yang disediakan
Smartfren DF79B ini memungkinkan kamu mengaktifkan modem tanpa harus terhubung ke PC. Cukup colokkan ke jala-jala listrik.

Antarmuka Smartfren DF79B  berbasis web sehingga bisa dikonfigurasi di sistem operasi manapun selama ada browser.
Antarmuka Smartfren DF79B
berbasis web sehingga bisa dikonfigurasi di sistem operasi manapun selama ada browser.

Spesifikasi
JaringanCDMA 2000 1x EV-DO Rev. B 800/1900 MHz
Data Rate14,7Mbps (max downstream)/5,4Mbps (max upstream)
Wi-FiIEEE 802.11 b/g/n
Pengguna5 orang (maksimum)
Fasilitas lainAdmin basis web; Fitur SMS; Statistik penggunaan; MicroSD Slot; USB Power Adapter
Dukungan sistem operasiMicrosoft Windows XP, Vista, 7 Mac OS X 10.5 – 10.7
Dimensi8,64 x 2,56 x 1,2 cm
Bobot30gr
Situshttp://www.smartfren.com
Garansi1 Tahun
Harga*Rp. 599.000,- (Bonus data 6GB, 1 bulan)
*Smartfren (021) 50100000/08811223344

Mendukung EVDO REV.B, mendukung standar Wi-Fi n, konfigurasi mudah, ada port antena eksternal, ada slot microSD.
Hanya bisa 5 pengguna, jangkauan Wi-Fi tidak jauh, fasilitas firewall minim.


Rating  7,9

sumber informasi --> http://www.tabloidpcplus.com/

0 comments:

Post a Comment