Thursday 7 March 2013

Konfigurasi IP Address Pada Debian 6.05

Untuk melakukan konfigurasi IP Address anda tidak memerlukan bantuan dari DVD Binary 1 atau 2. Karena kita hanya akan melakukan sedikit konfigurasi pada file networking yang telah ada di dalam linux pada saat kita melakukan installasi sistem operasi.
Untuk lebih memahami maka kita akan langsung saja masuk ke dalam pembahasan.
  • Silahkan anda menyiapkan komputer anda terlebih dahulu, yang telah terinstall sistem operasi debian 6.05 pastinya.Tunggu hingga komputer anda siap, apabila telah siap maka tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini.
Tampilan Awal Debian 6.05
 
  • Setelah muncul tampilan seperti di atas itu menandakan komputer anda sudah siap di operasikanl. Silahkan masuk ke dalam root untuk mulai mengkonfigurasi IP Address anda.
Login Kedalam Root
  masukkan password root anda untuk bisa masuk kedalam super user.
Konfirmasi Password Root
  Tampilan terminal ketika kita masukkan password dengan benar. Yang di tandai oleh tanda ( # ) sebagai simbol sebagai administrator atau super user.
Tampilan Terminal Super User
 
  • Setelah muncul tampilan seperti di atas maka kita sudah sebagai super user. Selanjutnya kita akan memulai untuk melakukan konfigurasi. Untuk melakukan konfigurasi silahkan anda ketikan perintah berikut ini.
nano /etc/network/interfaces

Perintah Konfigurasi IP Address
 
  • Selanjutnya silahkan anda menekan enter dan anda akan mendapatkan jendela konfigurasi networking.
Default Konfigurasi Networking
Coba anda perhatikan bagian yang saya cetak tebal di bawah ini. Konfigurasi ini bertujuan untuk menset IP Address anda pada loopback.
sedangkan anda akan menset IP address anda sendiri sesuai dengan jaringan anda sendiri maka kita tinggal menambahkan di bawahnya saja, tanpa harus merubah settingan default.
# This file describes the network interfaces available on your system
# and how to activate them. For more information, see interfaces(5).
# The loopback network interface
auto lo
iface lo inet loopback
  • Silahkan anda tambahkan script di bawah ini untuk melakukan konfigurasi IP Address anda. Tentunya anda bisa menyesuaikan dengan kondisi tempat anda masing - masing.
Hasil Konfigurasi
  silahkan anda perhatikan tabel di bawah ini, untuk panduan anda dalam melakukan konfigurasi IP Address. Anda tinggal menambahkan script yng saya buat bercetak tebal.
# This file describes the network interfaces available on your system
# and how to activate them. For more information, see interfaces(5).
# The loopback network interface
auto lo
iface lo inet loopback
auto eth0 ---> interface yang anda gunakan
iface eth0 inet static ---> perintah utama
address 192.168.1.2 ---> masukkan ip address yang di inginkan
netmask 255.255.255.0 ---> subnetmask dari ip anda
network 192.168.1.0 ---> network dari ip anda
broadcast 192.168.1.255 ---> broadcast dari ip anda
gateway 192.168.1.1 ---> gateway dari ip anda
dns-nameservers 192.168.1.2 ---> ip dns server anda
dns-search e-learningk.blogspot.com ---> domain dns server anda

  • Setelah anda melakukan konfigurasi maka langkah selanjutnya adalah melakukan restart terhadap networking anda. Tujuammya adalah agar apa yang telah kita lakukan konfigurasi tadi dapat di baca oleh sistem dan di terapkan. Untuk melakukan restart silahkan anda menggunakan perintah
/etc.init.d/networking restart

Restarting Terhadap Konfigurasi IP Address
 
  • Tunggu hingga sistem melakukan restart selesai. Apabila telah selesai dan sistem tidak memunculkan pesan kesalahan seperti yang tampak seperti gambar di bawah ini maka konfigurasi anda telah selesai.
Perintah Restart Pada Networking
 
  • Untuk mengecek kebenaran dari hasil konfigurasi kita dapat kita lakukan dengan mengecek apakah IP address yang kita setting di awal tadi sama dengan yang akan di munculkan oleh sistemnya debian. Untuk melakukan pengecekan tersebut kita dapat menggunakan perintah.
ifconfig
Perintah Untuk Melihat Konfigurasi IP Address
 
  • maka hasilnya akan di munculkan seperti di bawah ini
Hasil Perintah Ifconfig
  silahkan anda lihat apakah IP yang anda setting tadi sama dengan yang muncul di layar monitor anda saat ini apabila sama maka konfigurasi anda sukses.
Sekian tutorial untuk melakukan konfigurasi IP Address kali ini. Tutorial ini akan berlanjut pada konfigurasi server yang lainnya. Semoga bermanfaat kepada para pembaca.

0 comments:

Post a Comment