Saturday 15 June 2013

PENJELASAN MENGENAI ARRAY

PENDAHULUAN
Array merupakan kumpulan elemen – elemen yang bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan nama yang sama. Letak atau posisi dari elemen array ditunjukkan oleh index atau posisi. Array termasuk kedalam struktur data statis, artinya adalah lokasi memory untuk suatu array tidak dapat ditambah atau dikurangi selama program masih di jalankan. Maka dengan demikian untuk mengubah ukuran dari lokasi memori suatu array harus diperbaiki dalam listing programnya. Untuk mengetahui Jenis - Jenis Array maka kita akan membahasnya di bawah ini.
  • ARRAY SATU DIMENSI
    Array satu dimensi adalah array yang banyaknya petunjuk indeks hanya satu. Untuk mendeklarasikan variable array diikuti dengan maksimum banyaknya elemn yang dapat disimpan dalam variable array yang biasanya dituliskan dengan lambing kurung besar “[ ]”.
  Dari contoh di atas maka dapat kita simpulkan bahwa akan disiapkan lokasi memori untuk variable array sebanyak 5 buah. anda dapat memperhatikan gambar kolom – kolom diatas.
Lalu anda akan bertanya bagaimana melakukan pengisian terhadap array yang telah kita siapkan atau deklarasikan tersebut. Untuk melakukan pengisian anda dapat mengisinya pada saat mendeklarasikan variable, menggunakan penugasan ( = ), dan anda inputkan. Perlu anda perhatikan dalam pengisian elemen – elemen pada array anda harus memahami berikut ini. Jika banyaknya elemen kurang dari ukuran, maka sisanya akan diberi nilai 0. Akan tetapi jika banyaknya elemen lebih dari ukuran maka akan mengalami kesalahan.
Latihan 1
Cobalah anda buat sebuah program yang bertujuan untuk menghitung jumlah dan rata – rata pada bilangan bulat. Anda dapat menggunakan metode inisialisasi, penugasan atau anda isi sendiri untuk mengisi elemen pada array.

  • ARRAY DUA DIMENSI

Array dua dimensi bias dikatakan sebagai sebuah matrik. Array dua dimensi terdiri dari beberapa baris dan beberapa kolom. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa array dua dimensi tersusun atas baris dan kolom, dimana indeks pertama menyatakan baris dan indeks kedua menyatakan kolom.
  Untuk memahami array dua dimensi silahkan anda perhatikan gambar di atas. Sesuai dengan definisi bahwa matrik dua dimensi bisa dikatakan sebagai matrik. Kita telah membuktikan bahwa sesuai contoh maka apabila setelah di gambarkan maka seperti matrik di atas. Untuk mengisikan elemen array sama dengan array satu dimensi diatas. Sama halnya dengan array satu dimensi bahwa jika banyaknya elemen kurang dari ukuran, maka sisanya akan diberi nilai 0. Akan tetapi jika banyaknya elemen lebih dari ukuran maka akan mengalami kesalahan.

LATIHAN 3
Buatlah program untuk mengisi dua buah matrik Aberordo m x n dan matrik B berordo k x l. Hitunglah penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Setelah anda hitung maka tampilkan hasilnya di layar monitor.

Nb: dua buah matrik dapat dijumlahkan dan dikurangi apabila memiliki ordo yang sama. Dan dua buah matrik dapat dikalikan jika kolom matrik pertama sama dengan baris matrik kedua.


Untuk yang menginginkan pembahasan dari setiap latihan di atas anda dapat mendownloadnya di link berikut ini. Disini anda juga akan mendapatkan penjelasan materi yang lebih lengkap.

1. Tutorial & pembahasan ( doc )  ---->  www.mediafire.com

2. Tutorial & pembahasan ( pdf )  ---->  www.mediafire.com

2. Source Code  ( rar)  ---->  www.mediafire.com
 

0 comments:

Post a Comment